Selasa, 26 Agustus 2008

Fungsi Router




Mengenal Fungsi Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).


Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch adalah switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.


Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.


Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan



Pengenalan
Di dalam sesebuah rangkaian, data perlulah dihantar dan dikirim dengan tepat dan betul. Rangkaian komputer kompleks biasanya terdiri daripada koleksi LAN yang dijalinkan antara satu sama lain. Kerja-kerja mengirim ini dilaksanakan oleh router di mana router akan mengambil mesej data dari LAN dan menukarkannya kepada paket yang sesuai untuk dihantarkan ke LAN yang satu lagi (Lihat rajah 1).



Rajah 1: Rangkaian yang menggunakan perantara Router

Fungsi Router
Router berfungsi sebagai sebuah alat penghubung di antara rangkaian yang berlainan. Semasa paket dihantar, router akan menjalankan beberapa proses penting antaranya ialah: membuat terjemahan protokol, mengemaskini jadual haluan, mengirim paket, membungkus paket dan membuka bungkusan paket. Selain itu juga router berperanan untuk menapis trafik dengan membenarkan paket tertentu sahaja. Ini membolehkannya bertindak sebagai alat pelindung ringkas bagi rangkaian anda.

Berikut adalah beberapa kelebihan router:

Menghubungkan dua atau lebih rangkaian untuk membentuk satu rangkaian internetwork.

Menghubungkan dua rangkaian yang berlainan protokol.

Mengawal keselamatan rangkaian dengan membuat tapisan pada paket.




Apa itu Router?

Didalam packet-switched networks seperti Internet, Router adalah sebuah peralatan atau dalam beberapa kasus, Router dapat berupa sebuah perangkat lunak dalam komputer, yang menentukan titik jaringan berikutnya sebagai tujuan kemana paket data tersebut harus dikirim. Router terhubung dengan setidaknya 2 buah jaringan yang berbeda dan menentukan lewat mana sebaiknya data dikirm. Router terletak di setiap Gateway (dimana sebuah jaringan bertemu dengan jaringan yang lain), Router juga sering dimasukkan dalam bagian dari network switch.

Secara umum Router digunakan untuk menghubungkan 2 buah network yang berbeda sehingga client dari masing-masing network tersebut dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Seperti misalnya untuk menghubungkan network local (192.168.x.x) dengan internet (202.x.x.x). Referensi 11xxx.
Router dapat membuat atau menjaga tabel jalur/rute dan kondisinya sehingga dapat ditentukan dengan algoritma khusus mana jalur terbaik yang harus dipakai untuk melewatkan paket data. Paket data dapat melalui beberapa titik jaringan (network points) sebelum mencapai tujuan.

Untuk pengguna komputer yang mempunyai koneksi internet (high speed connection) seperti kabel, satelit atau DSL, Router dapat juga bertindak sebagai Firewall, walaupun user hanya mempunyai sebuah komputer saja. Para IT engineer percaya bahwa penggunaan Router memberikan proteksi yang lebih baik terhadap hacking dari pada penggunaan software Firewall. Hal ini dikarenakan tidak ada Internet Protocol address (IP Address) yang langsung mengakses internet. Ini membuat port scan, sebuah teknik untuk mencari kelemahan sistem user, hampir tidak dimungkinkan. Selain itu Router tidak mengkonsumsi resources dari komputer seperti dalam penggunaan software Firewall. Router komersil sangat mudah di-install dan tersedia untuk jaringan kabel atau wireless dengan harga terjangkau.

CHANNEL-11 sangat merekomendasikan penggunaan Router di komputer user sebelum berhadapan/ berkoneksi dengan internet. Dalam hal ini sepenuhnya diserahkan ke user apakah akan memakai PC Router atau menggunakan Router komersil yang banyak dijual di toko komputer. Jika dibutuhkan, CHANNEL-11 dapat langsung memasukkan Broadband Router (Router komersil) dalam paket berlangganan anda sebagai biaya peralatan (one time charged). Untuk pemakaian jaringan full wireless, CHANNEL-11 juga dapat menyediakan pemakaian Router+Access Point. Keuntungan pemakaian Router yang lain yaitu sebuah Router dapat membuat DHCP server sehingga setiap komputer yang terhubung dengan router tersebut akan langsung mendapatkan sebuah IP secara otomatis.

Tidak ada komentar: